12 kepribadian seseorang

Kebiasaan-kebiasaan kecil, seperti cara berjabat tangan, memilih sepatu, sampai menggunakan tisu toilet, ternyata mengungkapkan banyak hal soal kepribadian. Pakar psikologi dan perilaku mengungkapkan, setidaknya kita bisa menebak kepribadian seseorang dari 12 hal ini:

1. Pilihan sepatu
Studi yang dipublikasikan pada Journal of Research in Personality menunjukkan bahwa kepribadian bisa dilihat dari alas kaki yang dipilih. Dalam studi tersebut, para responden menguggah foto-foto sepatu mereka, kemudian melengkapi kuisioner tentang kepribadian. Kelompok lainnya melihat foto-foto sepatu tersebut, kemudian diminta menuliskan kepribadian pemakainya. Hasilnya ternyata luar biasa akurat.

Mereka bisa menebak umur, pendapatan dan kondisi kecemasan seseorang hanya dari sepatu yang digunakan.

Orang-orang yang mengenakan sepatu-sepatu nyaman cenderung memiliki sifat menyenangkan, sementara mereka yang suka menggunakan ankle bootsbiasanya lebih agresif.

Menggunakan sepatu yang kurang nyaman menunjukkan bahwa pemakainya cenderung lebih kalem. Sedangkan mereka sangat memperhatikan perawatan sepatunya memiliki karakter yang mudah khawatir dan suka bergantung.

2. Cara berjabat tangan
Sebuah studi yang dipublikasikan pada The Journal of Personality and Social Psychogy nenemukan bahwa cara seseorang berjabat tangan menentukan persepsi orang terhadapmu. Dalam percobaannya, para juri dilatih untuk mengenali 8 karakter jabat tangan, yaitu jabat tangan erat, temperatur tangan saat bersalaman, tingkat kekeringan, kekuatan, durasi, semangat saat bersalaman, tekstur, dan kontak mata.

Hasilnya menunjukkan, mereka dengan jabat tangan yang lebih mantap menunjukkan kepribadian yang ekspresif secara emosional, ekstrovert dan berpikiran lebih positif daripada yang lain.

Sedangkan mereka dengan jenis jabat tangan lemah, menunjukkan kepribadian yang lebih pemalu dan memiliki gangguan emosi.

Kesan pertama para juri sangat berkorelasi dengan ini. Mereka setuju jika para partisipan dengan jabat tangan yang mantap cenderung terlihat lebih percaya diri dan tidak mudah cemas.

3. Cara jalan
Pakar bahasa tubuh, Patti Wood menyampaikan bahwa cara berjalan menunjukkan kepribadian seseorang. Jika Kamu cenderung menumpukan berat badan ke depan saat berjalan dan jalanmu cepat, biasanya Kamu termasuk orang yang cenderung produktif dan logis. Orang mengagumi sifatmu itu, tapi Kamu cenderung dingin dan kompetitif.

Jika Kamu berjalan dengan dada ke depan, bahu ke belakang dan kepala terangkat (biasanya politisi dan selebritis), kamu memiliki kecenderungan kepribadian yang menyenangkan, karismatik dan mudah beradaptasi secara sosial, meskipun kamu juga cenderung suka merebut “panggug”.

Sementara jika cara jalanmu menumpukan berat pada kaki, tidak terlalu ke depan maupun ke belakang, maka Kamu cenderung lebih tertarik pada orang ketimbang tugas, dan lebih fokus pada kehidupan personal daripada karier. Kamu akan bagus jika menjadi bagian dari kelompok, tapi cenderung mudah terdistraksi.

Terakhir, jika jalanmu cenderung berjinjit dan mata melihat ke bawah, maka kamu cenderung introvert dan sopan.

Studi yang dipublikasikan The Journal of Interpersonal Violence menunjukkan bahwa penghuni penjara dengan tendensi psikopat mampu menilai kerapuhan orang lain dan memilih korbannya dari gaya berjalannya.

4. Etika berkirim surat elektronik
Psikolog Tomas Chomorro-premuniz, PhD, mengatakan ada hubungan yang kuat antara surat elektronik (emaill) dan karakter pribadi kita di kehidupan nyata. Mereka yang narsis cenderung menggunakan kata “aku” “saya” dan “milik saya” lebih sering.

Sedangkan mereka yang ekstrovert lebih kasual dan membicarakan hal-hal yang menyenangkan, seperti musik dan pesta.

Jarangnya salah ketik (typo) yang dibuat menunjukkan seseorang yang berhati-hati, perfeksionis dan memiliki obsesi. Sedangkan mereka dengan tata bahasa buruk mengindikasikan level kecerdasan dan intelegensi akademik yang lebih rendah.

Menariknya, email yang panjang merefleksikan energi dan ketuntasan, tapi juga derajat kekurangan.

5. Ketepatan waktu
Studi yang dipublikasikan pada The Journal of Research in Personality menemukan bahwa ketepatan waktu seseorang menunjukkan karakter yang positif. Orang-orang yang tepat waktu cendwrung lebih berhati-hati dan menyenangkan. Orang yang sering datang lebih awal dari waktu perjanjian berkaitan dengan sifat neurotik. Dan orang-orang yang sering datang terlambat cenderung lebih mudah bergaul.

6. Cara menggunakan tisu toilet

Terapis Gilda Carle, PhD mengklaim bisa menganalisa orang dari cara menggantung tisu toilet. Ia melakukan survei terhadap 2.000 orang laki-laki dan perempuan, tentang bagaimana cara mereka menggantung tisu toilet dan posisi tangan.

Ia juga menanyakan para relawan untuk mengisi kuisioner yang akan menunjukkan tingkat ketegasan mereka dalam hubungan. Ditunjukkan dengan skala angka 1 sampai 10.

Hasil menunjukkan bahwa mereka yang meletakkan tisu toilet dengan mengarahkan ke atas cenderung memiliki sifat dominan. Sedangkan mereka yang mengarahkannya ke bawah cenderung penurut. Beberapa yang memiliki sifat dominan yang ekstrim bahkan memilih mengganti arah tisu toilet umum yang mereka datangi.

Ilustrasi
Thinkstockphotos Ilustrasi

7. Bersikap gugup
Apakah ada di antara kamu yang suka menggigit jari? Atau mengelupas kulit? Para ilmuwan menyebutnya Body-Focused Repetitive Behavior (BFRB).

Pada 2015, studi yang dipublikasikan pada The Journal of Brhavior Therapy and Experimental Psychiatry menganalisa kepribadian-kepribadian orang dan merekam videonya saat mereka berada dalam situasi sangat frustrasi, santai dan bosan, kemudian melihat sikap yang ditunjukkan.

Mereka yang memainkan rambut mereka atau menggigit jari cenderung perfeksionis dan kebiasaan mereka adalah cara menghilangkan kebosanan, gangguan dan ketidakpuasan. Sebab, bagi mereka akan lebih menyenangkan melakukan sesuatu daripada tidak sama sekali. Hal tersebut membuat mereka nyaman.

8. Cara makan
Tidak hanya apa yang kita makan, tapi sains juga meneliti kepribadian seseorang dari cara kita makan. Psikologi spesialis tingkah laku dalam makan, Julia Hormes dan Juliet Boghossian menyampaikan bahwa sifat seseorang juga bisa terlihat dari cara mereka makan.

Mereka yang makannya lambat biasanya adalah orang yang suka berada di bawah kontrol dan tahu cara mengapresiasi hidup. Sedangkan mereka yang suka mencoba-coba makanan memiliki kepribadian yang menyukai tantangan dan suka mengambil risiko.

Adapun mereka yang pilih-pilih makanan cenderung memiliki sifat cemas dan punya masalah emosi. Terakhir, jika kamu adalah seseorang yang lebih suka memisahkan makanan pada piring lainnya berdasarkan jenis, maka kamu adalah orang yang berhati-hati dan detail.

9. Kebiasaan berbelanja
Ingin tahu kepribadian seorang teman baru? Bawalah ke mal. Laporan eksperimen yang dipublikasikan pada The Journal of Consumer Research, menunjukkan bahwa ada dua tipe konsumen, yaitu “explanation fiend” dan “explanation foe”.

Tipe fiend cenderung lebih teliti memeriksa setiap produk sebelum memilih satu. Sedangkan tipe foe akan cepat memutuskan dan membeli.

Orang dalam tipe fiend memiliki nilai tinggi pada refleksi kognitif, artinya mereka mampu menganalisa informasi dan sangat detail. Sedangkan tipe foetidak terlalu memerhatikan detail dan memilih informasi umum.

10. Gaya selfie
Media sosial menunjukkan kepribadianmu lebih dari yang kamu kita. Studi Nanyang Technological University Singapore pada 2015 menganalisa 123 selfie yang diambil dari situs sosial media populer China. Setiap orang yang diteliti itu juga melengkapi kuisioner kepribadian.

Para peneliti menemukan bahwa orang-prang yang lebih mudah setuju cenderung mengambil foto dari bawah. Orang yang berhati-hati cenderung enggan berbagi profil pribadi di ruang publik.

Sedangkan orang-orang yang menunjukkan ekspresi positif saat berfoto, seperti senyum dan tertawa, adalah mereka yang terbuka dengan pengalaman baru. Sementara mereka yang suka selfie dengan pose memajukan bibir atauduck face menunjukkan mereka yang memiliki masalah emosional.

11. Tulisan tangan
Grafologi adalah analisa tulisan tangan dan bagaimana kaitannya dengan kepribadian. Ahli grafologi, Kathi McKnight menyampaikan bahwa seorang pakar grafologi bisa mendeteksi lebih dari 5.000 kepribadian dari tulisan.

Mereka yang menulis dengan ukuran huruf besar, adalah orang-orang yang cenderung senang berinteraksi dengan orang dan mencari perhatian.

Sedangkan mereka dengan tulisan tangan berukuran kecil cenderung introvert dan memiliki konsentrasi yang tajam.

Adapun dari sisi kemiringan, mereka yang tulisan tangannya cenderung miring ke kanan memiliki kepribadian yang bersahabat dan impulsif. Sedangkan tulisan tangan yang cenderung miring ke kiri menunjukkan kepribadian yang pendiam dan individualis. Tidak ada kemiringan yang menunjukkan bahwa seorang yang logis dan pragmatis.

Terakhir, tulisan tangan dengan tekanan kuat menunjukkan kepribadian yang kuat secara emosional dan cepat bereaksi. Sementara mereka yang memiliki tulisan tangan tipis menunjukkan kepribadian yang mudah berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

12. Cara membawa tas
Berdasarkan Pakar Bahasa Tubuh, Patti Wood, seseorang yang suka membawa dompet di lekukan lengan menunjukkan kepribadian yang memelihara diri dan menekankan status sosial.

Mereka yang memakai tas dengan tali menyelempang dengan tas di bagian depan adalah orang yang memprioritaskan keamanan dan akses. Sedangkan tas selempang dengan tas menghadap belakang menunjukkan kepribadian yang dingin, kalem dan tenang.

Sementara mereka yang menggunakan ransel cenderung lebih independen serta suka merawat diri dan orang di sekitarnya. Adapun mereka yang membawa tas di tangan cenderung tegas, terorganisaai dan efisien.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s